Rabu, 25 Januari 2012

Goes to Japan

Di hari ke-24 bulan Januari ini, aku berkesempatan untuk bertemu dengan 2 orang praktisi pendidikan dari Negeri Sakura (Jepang, red). Mereka tidak menemuiku secara khusus, tidak.. Kebetulan saja, di madrasah tempatku melakukan kegiatan PKLI, tengah dikunjungi oleh orang-orang bermata sipit tersebut. Kedua orang tersebut adalah Nakanishi Ikutaro, Direktur Aoyama School of Japanese (ASJ) dan Maruyama Shigeki, Direktur I.C Nagoya University. Kunjungan mereka bermaksud untuk menandatangani berkas MoU antara pihaknya dengan Madrasah Aliyah Negeri Tambak Beras Jombang.
 Gambar 1 Maruyama Shigeki, Direktur I.C Nagoya University saat mengisi seminar
 'Study and Part Time Job in Japan' di aula MAN Tambak Beras Jombang (24/1).


Menurut Nakanishi Ikutaro, ada tiga hal yang perlu dipersiapkan oleh calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa belajar ke Negera Jepang. Pertama, menguasai Bahasa Jepang hingga level N5. Jika baru mencapai level N4 atau N3, atau hanya menguasai hiragana sepertiku, maka belum diperkenankan. Kedua, memiliki kepribadian yang baik. Sifat jujur, disiplin, dan sosialis, merupakan hal yang sangat mereka pertimbangkan. Ketiga, memiliki biaya yang memadai. Iming-iming beasiswa terkadang tidak menyertakan ongkos terbang ke negara tujuannya. Jadi, wajib siapkan duit, buat jaga-jaga.
Tidak hanya itu, Maruyama Shigeki juga menambahkan tentang bagaimana cara untuk bekerja paruh waktu di sana. Ia memaparkan bahwa mahasiswa yang belajar di negeri Manga ini, mayoritas bekerja paruh waktu. Pekerjaan yang kerap mereka terjuni diantaranya yaitu pramusaji restoran dan pelayan toko. Lumayan, dapat menebalkan kocek.
Mendengar keterangan para praktisi tersebut, membuat mimpiku untuk menjejakkan kaki di sana kembali membuncah. Ingin, ingin sekali, kawan... Namun, ada beberapa hal yang terlebih dahulu harus kulalui. Salah satunya yaitu meningkatkan kemampuan bahasa Jepangku. Huhuhu..
   Gambar 2 Berpose di depan kaligrafi Bahasa Jepang



Jombang, 24 Januari 2012 15: 46 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar